Dinyatakan Lulus Sertifikasi Tapi Dana TPG Belum Cair?| TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Jumat, 03 Januari 2020

Dinyatakan Lulus Sertifikasi Tapi Dana TPG Belum Cair?

Dinyatakan Lulus Sertifikasi Tapi Dana TPG Belum Cair? - Penyebab utama kenapa dana TPG belum juga cair atau lambat cair padahal sudah jelas-jelas dinyatakan lulus sertifikasi adalah karena data guru didalam laman online dinyatakan belum lulus sertifikasi guru..ini musti gara-gara data guru itu belum masuk ke Dapodik online, tentu pihak menginput data kena getahnya karena mereka belum update data guru terbaru yang telah lulus tahun kemarin.


Harusnya yang terjadi adalah setiap ada sertifikasi guru terbaru juga secepatnya data guru itu di input kedalam laman Dapodik online sehingga pemerintah pusat akan tahu siapa saja guru yang sudah berhak mendapatkan haknya seperti dana tunjangan atau dana TPG-nya sehingga dana bisa cair bulan berikutnya.

Kejadian ini pernah terjadi di rayon LPTK Surabaya tahun 2018 silam. Agar tidak terjadi pada LPTK ditempat yang lain, kamu harus sering mengakses laman dapodik online agar data sertifikasi bisa kamu laporkan ke operator pusatnya sana melalui LPTK tempat guru melaksanakan sertifikasi.

Biasanya setiap rayon PLTK diselenggaranya sertifikasi guru mempunyai informasi online yang selalu update.

Sebagai informasi saja seperti para peserta PLPG 2016 dan 2017 PLTK rayon 114 di Universitas Negeri Surabaya sesi UTN/UTL Ulang diterbitkan dilaman resminya di alamat url http://sg.unesa.ac.id

Jika kamu mengikuti di rayon ini tentu kamu harus sering melihat laman resminya itu agar secepatnya mengetahui human error si operator penginput data guru yang telah dinyatakan lulus sertifikasi karena data ini akan mempengaruhi data sertifikasi dilaman Dapodik online.

Jika telat penginputannya tentu dana TPG tidak akan mungkin segera cair, seyogyanya bagi sertifikasi guru tahun 2018 akan serentak dana cair diawal 2019 hanya saja jika kamu tidak melaporkan seceatnya jika data guru sertifikasi tidak terinput kedalam laman Dapodik maka dana akan lambar cair.

Sebagai contoh..

Bagi para guru yang sudah dinyatakan lulus sertifikasi guru ditahun 2018 dan nomor sertifikasi sudah terinput dilaman online Dapodik maka dana tunjangan profesi akan cair diawal tahun 2019, dan sebagai tambahan saja sertifikasi fisik akan diberikan juga diawal tahun 2019 bersamaan dana cair.

Namun, meskipun kamu sudah dinyatakan lulus sertifikasu melalui ujian masing-masing rayon tetapi ada human error alias kelalaian operator penginput data maka yang terjadi adalah data itu juga akan tidak terakses dilaman online Dapodik dimana laman ini adalah yang menentukan dana cair atau tidak.. jadi kamu harus aktif dalam kasus ini jika terjadi pada diri kamu, segera berkoordinasi dengan dinas setempat agar masalah bisa teratasi segera mungkin.

Berikut informasi yang bisa kamu jadikan pengalaman baru untuk peserta PLPG 2016 dan 2017 dikelulusan sertifikasi tahun 2018 sesi UTN atau UTL ulang.

Mengetahui Cara Cek NRG 2018 bagi Peserta PLPG


Untuk memastikan dana akan cari maka cek terlebih dahulu NRG nya, apakah sudah keluar ataukah belum. Semua informasi NRG bisa diakses melalui laman resminya masing-masing.

Pertama, Untuk hasil UTL /UTN ulang ke-1 dan ke-2 bagi peserta PLPG 2016 (Kemdikbud) dan 2017 (Kemdikbud & Kemenag) Surabaya di rayon 114, 119, dan 142 yang diadakan pada 31 Juli 2018.

Alamat url-nya dibawah ini.




NO RAYON KOTA
114 Universitas Negeri Surabaya
119 Universitas Mulawarman Surabaya
142 Universitas Adibuana Surabaya

Kedua, Hasil UTN ulang ke-1 bagi peserta PLPG 2017 di rayon 114, 119, dan 142 diselenggarakan pada 30 Januari - 6 Februari 2018.

Alamat url-nya dibawah ini.



Ketiga, Hasil evaluasi Luncuran bagi peserta sertifikasi guru 2016 yang belum lulus di Rayon 114, 119, dan 142 yang telah mengikuti UTN/UTL ulang.

Alamat url-nya dibawah ini.



Data ketiga diatas yang sudah dinyatakan telah lulus sertifikasi ditahun 2019 maka dana TPG cair akan serentak diawal awal bulan ditahun 2019, jadi harap bersabar ya..

Informasi ini semoga bisa menjadi rujukan kedepan saat ada teman-teman kamu yang mengikuti UTN/UTl ulang ditahun berikutnya, alurnya bisa sama dan kasusnya bisa saja berbeda untuk itu pengalaman diatas bisa dijadikan referensi kamu dan tentunya juga teman-teman kamu yang akan mengikuti proses sertifikaksi guru.

Semoga bermanfaat..

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post: