Cara Cek Online NRG Sertifikasi Pendidik Lulus PPG | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Thursday, January 2, 2020

Cara Cek Online NRG Sertifikasi Pendidik Lulus PPG

Cara Cek Online NRG Sertifikasi Pendidik Lulus PPG - Cara mendapatkan NRG atau nomor registrasi guru setiap para pendidik akan keluar bersama-sama dengan sertifikatnya, sertifikat ini akan dikeluarkan oleh LPTK tempat PPG kamu. Untuk mengetahui NRG kamu mudah saja sebab akan tertulis pada sertifikat itu, hanya saja kapan keluarnya NRG dan Sertifikasi ini tentu beragam ada yang cepat dan lambat..itu tergantung pekerja dari pusatnya sana yang menginputnya..tidak dipungkiri saking banyaknya data yang mereka input dari berjuta pendidik setiap tahunnya tentu membuat rentan waktunya semakin lama.. jadi sabar saja jika pengumumannya telat 1 sehari maupun hingga berminggu-minggu. Biasanya NRG ini keluar sebulan sebelumnya setelah pengumuman kelulusan PPG dan serentak oleh LTPK disetiap penyelenggara PPG.


Pada hakikatnya NRG ini hanya dipunyai oleh para guru yang telah lulus PLPG.

Contoh: NRG ditahun 2020 akan keluar bagi guru yang telah lulus di tahun sebelumnya 2018/2019..dan begitu seterusnya untuk tahun berikutnya.

NRG ini sangat penting bagi data para pendidik diseluruh Indonesia karena akan diinput secara online melalui Dapodik, namun faktanya kemungkinan ada juga yang belum terinput secara online didalam dapodik..penyebabnya adalah NRG belum tercatat secara online di Dapodik sehingga data gtk musti akan mengalami error atau invalid.

Lalu solusinya bagaimana..adalah dengan menunggu waktu, tenang saja! karena NRG ini musti akan keluar setelah para penginput Dapodik pusat sudah kelar..harap bersabar memang..

Setelah Sertifikasi online dan NRG sudah keluar maka yang wajb kamu lakukan adalah mengajukan permohonan cetak fisik sertifikat guru dengan persyaratan:

1. Ijasah Sarjana S-1
2. SK pengangkatan PNS/GTY
3. SK PBM semester berjalan

Ketiga dokumen itu harus kamu persiapkan untuk diajukan kepada LTPK penyelenggara PPG yang kamu ikuti.

Kesimpulan.

NRG bisa diakses terlebih dahulu secara online sebelum NRG yang tertera di sertifikat fisiknya keluar. Tempat mengakses NRG ini melalui masing-masing LPTK penyelenggara PPG.

Apabila dijumpai bagi para guru yang sudah lulus PPG tahun sebelumnya namun belum mendapatkan NRG dan sudah mempunyai NUPTK serta serta sertifikat pendidiknya maka yang harus dilakukan adalah lapor pada dinas masing-masing.

Yang perlu kamu persiapkan adalah:

1. Scan Ijasah asli Sarjana S-1
2. Scan Sertifikat asli pendidik
3. Scan SK pengangkatan asli PNS/GTY
4. Scan SK PBM Semester asli berjalan

Semua discan dari Aslinya, setelah discan pastikan kapasitas file ke-4 itu tidak lebih dari 1Mb, jika lebih maka akan tidak bisa diupload mellaui online. Yan upload pihak dinasnya..kamu hanya menyiapkan file jpeg hasil scan itu kedalam file pdf.

Cara mengubahnya mudah saja, masukan gambar hasil scan kedalam MS Word 2013 lalu simpan file "save as" Pdf.

Atau jika tidak punya Ms word tahun 2013 kamu bisa meminta rekan kamu atau melalui online, ada banyak aplikasi online digoogle yang menyediakannya, seperti:

1. Merubah Jpeg ke pdf
2. merubah word ke pdf
3. dan lain-lain

Simpan hasil pdf ini kedalam flashdisk atau dvd dan berikan kepada dinas setempat. Biasanya dinas juga meminta Fc/foto copy nya untuk dokumentasi mereka..jadi kamu juga sudah mempersiapkan foto copy dari ke-4 dokumen itu. Setelah di foto copy akan dilegalisir.

Beres..tunggu sertifikat fisiknya nanti kamu akan diberi informasi saat akan menerimanya.

Tanks..

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

0 comments:

Post a Comment