Cara Cek Notifikasi Bukti Dana BOS Telah Cair Ke Rekening Sekolahan | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Thursday, January 9, 2020

Cara Cek Notifikasi Bukti Dana BOS Telah Cair Ke Rekening Sekolahan

Kapan dana bos triwulan 1 2020 cair? Pentingnya notifikasi dana Bos cair adalah untuk memastikan dana itu sudah terkirim ke rekening sekolahan atau belum? Ada beberapa kasus bahwa sekolah belum menerima pencairan dana Bos padahal didalam situs Dapodik sekolah telah menerima dana BOS.. operator sekolah jadi sasaran.

Maka peran cek notifikasi pencairan dana BOS sangatlah penting disini.. tugas ini tentu bagi operator dapodik setiap sekolahan untuk memastikan dana itu sudah terkirim ke rekening, meski pada kenyataannya operator tidak akan pernah tahu kapan dana itu sudah turun kesekolahnya.. jadi tugas penting operator disini adalah validitas data Dapodik "cek notifikasi cairnya dana BOS".




Pemerintah pusat akan memberikan notifikasi atau pesan bukti dana BOS apabila telah mereka transfer melalui rekening-rekenig setiap sekolahan, jika belum ada notifikasi berarti dana masih dalam proses transfer.

Operator dituntut untuk TEGAS pada kasus yang dijumpai jika "pengakuan sekolah dana belum cair", untuk memastikan dan meluruskan tugas operator maka bisa melihatnya didalam situs Dapodik.. lihat notifikasi status pencairan dana BOS.

Lalu bagaimana cara melihat status Pendairan dana Bos itu?


Mudah saja, begini..

Pertama kunjungi laman situs BOS di alamat url berikut ini.



Pilih login sekolah menggunakan akun operator Dapodik.

Silahkan kamu pilih dan klik menu "notifikasi status dana bos triwulan" maka disana akan ada beberapa informasi, diantaranya:

Tombol konfirmasi. Sebelum kamu mensinkronkan dana BOS dengan data didalam situs Dapodik pastikan terlebih dahulu kepada kepala sekolah dan bendahara sekolah bahwa dana Bos sudah cair, jika iya maka yang wajib kamu lakukan sebagai operator adalah konfirmasi tombol "YA" pada menu "status dana BOS triwulan", ini untuk menyampaikan pesan ke pusat bahwa dana benar-benar telah sampai.

Jika yang terjadi adalah dana belum cair maka yang harus kamu lakukan dengan mengajukan banding di menu "pengaduan". Silahkan isi pengaduan sesuai kasus yang terjadi.

Beres. Tunggu hasil jawabannya.

#Informasi Penting! Persiapan Pencairan dana BOS di Tahun Berikutnya


Berkaitan dengan persiapan data Dapodik untuk menghadapi pengambilan data (Cut Off BOS) diawal tahun mendatang maka yang harus kamu lakukan adalah persiapan dengan matang dan terencara agar proses BOS tidak merumitkan bagi kamu sebagai operator sekolah.

Hal yang harus dilakukan adalah sebagai berikut ini.

Pertama, pengambilan data siswa di Dapodikdasmen. Pastikan kamu tidak terlambat menginputnya, biasanya ditentukan batas akhir cut off bos tersebut, seperti pada tahun 2019 bahwa cut off BOS terakhir pada tgl 15 desemeber 2019 jam 23:59 wib.

Kedua, Pastikan data siswa valid. Contoh: data siswa yang akan terhitung di tahun 2020 adalah data siswa semester 1 (ganjil) tahun ajaran 2019/2020. Cek dengan cermat NISN pada layanan online melalui url berikut ini.



Proses verifikasi dan validasi NISN ini dilakukan oleh semua jenjang mulai dari SD SMP dan SMA, kalau tahun sebelumnya proses ini hanya diwajibkan hanya untuk tingkat SMA namun sejak tahun kemarin 2019 hingga tahun 2020 dan selanjutnya, proses validasi dan verifikasi NISN online Dapodikdasmen harus dilakukan oleh semua jenjang sekolah.

Proses ini bagi yang pertama kali melakukannya akan menjumpai RUMIT.. jadi kamu harus mempersiapkan jauh-jauh hari agar prosesnya berjalan lancar.

Untuk operator pemain lama.. maka harus diperhatikan benar-benar proses instalasi dan registrasi Dapodikdasmen versi terbaru 2019. Registrasi aplikasi baru ini diharuskan menggunakan profile baru, DILARANG menggunakan profile lama karena data akan menjadi ganda.

Pada data rombongan belajar (rombel) harus terisi dengan benar dan lengkap. Adapun rombel yang harus terisi dengan lengkap dan benar adalah rombel kelas dan reguler, untuk rombel lainnya seperti rombel teori, ekskul, kelas terbuka, kelas jauh/keciil, dan kelas praktek semuanya tidak dihitung. Jadi fokus pada rombel kelas dan reguler saja.

Data rombel belajar harus disikan nama lengkap Wali Kelas. Semua data disi dengan lengkap dan hati-hati sampai pada bagian data pembelajaran.

Khusus untuk jenjang SMA SMK data "program pengajaran", "kompetensi keahlian", dan "program keahlian" harus diisi dengan lengkap.

Contohnya:

#SMA KTSP 2006
  • Kelas XI dan XII = Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)/Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)/Bahasab
#SMA Kurikulum 2013
  • Kelas X, XI, dan XII = Bahasa dan Budaya, MIPA, Ilmu Pengetahuan Sosial
#SMK KTSP
  • Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian
#SMK Kurikulum 2013
  • Kelas X = Program Keahlian
  • Kelas XI dan XII = Kompetensi Keahlian

Aturan dan isisan diatas adalah prosedur baku sehingga kamu bisa mengisinya dengan lengkap seperti data diatas.

Sebelum memastikannya telah rampung, maka pastikan lagi kamu mengeceknya karena proses validitas dan verifikasi ini menentukan pencairan dana BOS.

Semiga informasi ini menjadi rujukan penting bagi pembaca, selamat bekerja!

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

0 comments:

Post a Comment