Cara Buat Cas Aki Motor Mobil 1 A Otomatis Berhenti Saat Penuh| TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Kamis, 30 Januari 2020

Cara Buat Cas Aki Motor Mobil 1 A Otomatis Berhenti Saat Penuh

Cara Buat Cas Aki Motor Mobil 1 A Otomatis Berhenti Saat Penuh - Membuat rangkaian charger aki 1 A otomatis sangatlah mudah meski kamu hanya punya skill dasar saja. Bahan yang dibutuhkan dengan regulator LM317 yang bisa kamu dapatkan dengan mudah dihampir toko elektronik seluruh Indonesia.

Cas otomatis ini untuk menghindari over charger sehingga aki tidak mudah rusak. Pada dasarnya, cas akan bekerja jika kondisi aki masih tersedia ruang kosong sampai aki terisi penuh, cas akan berhenti bekerja jika aki sudah penuh.

Kegunaan regulator LM317 pada power suplay 1 A adalah untuk mengatur kapan aki harus di isi dengan arus maksimal 1 Amphere/ 1 A dan kapan arus mulai turun dari 1 A, tujuannya adalah untuk memberikan arus ke aki dengan perlahan agar aki tetap sehat dan awet.

Aki ini bekerja maksimal dengan menggunakan arus maksimal 1 A pada saat aki dalam keadaan kosong dan arus mulai turun dari 1 A pada saat aki sudah mendekati penuh. Jika aki sudah terisi penuh dengan tegangan 13,8 volt maka arus pengisian sama dengan nol, sehingga aki tetap aman dan tidak perlu cemas over charger jika cas selalu terpasang pada aki itu.

Nah, begitulah sistem kerja cas otomatis untuk aki yang akan kita buat kali ini.


Meski kita akan merakit sendiri cas aki sederhana..rangkaian ini sudah cukup untuk mengisi aki motor dan mobil truk sekalipun. Untuk mengantisipasi kesalahan kutup positif dan negatif dalam perakitan aki ini..kamu wajib memasang sekring 1 Ampere.


Untuk detail perakitannya bisa memahami dengan seksama rangkaian berikut ini.

Siapkan power supply dan regulator yang di set pada teagangan 13,8 volt yakni kombinasi regulator LM17, resistor 220 ohm, dan 2K2 ohm sehingga akan menghasilkan output tegangan sebesar 13,8 volt. Dioda berfungsi untuk melindungi rangkaian dan aki jika terjadi kesalahan pemasangan pada kutub-kutub aki dan hugung singkat.


Syarat Ngecas Aki agar Awet dan Tahan Lama


Agar aki motor maupun mobil kamu lebih tahan lama maka tegangan tidak boleh lebih kecil dari 12 volt dan juga tidak boleh melebihi 15 vol.

Jika kurang dari 12 volt maka aki tidak akan bisa terisi dengan sempurna dan maksimal sehingga akan muncul sulfat pada pelat-pelat aki.. efeknya umur aki akan lebih pendek.

Jika tegangan lebih dari 15 volt maka cairan aki akan lebih cepat mendidih yang akhirnya cairan aki akan cepat berkurang bahkan kamu akan terkejut tahu tahu aki dalam keadaan kering..efeknya aki akan teroksidasi dan daya simpan muatan listrik pada aki semakin melemah bahkan aki bisa menjadi rusak total.


Gunakan travo 1 ampere pada output 15 volt atau diataasnya (tegangan ini bisa didapat pada cas laptop yang sudah tidak terpakai), rangkaian bisa menggunakan PCB lubang atau disambung langsung antar kaki-kaki komponen. IC regulator LM 317 wajib diberi heatsink secukupnya untuk menghindari suhu panas berlebihan (over head).

Sebenarnya tidak hanya satu model rangkaian cas otomatis namun banyak sekali skema rangkaian cas otomatis. Menurut saya..rangkaian yang terbuat disini sudah bagus sekaligus mewakili rangkaian cas model sederhana untuk pengisian muatan listrik pada aki motor maupun mobil, selain tidak gampang rusak..model cas ini juga mudah diperbaiki jika ada teknis error maupun human error.

Kalau dibandingkan skema cas otomatis lain yang dijual di toko-toko elektronik.. skema charger yang dijual itu termasuk model skema rumit.. dibalik kerumitan itu justru akan lebih rentan rusak dan susah untuk diperbaiki ulang.

Pada dasarnya..mengecas aki bisa menggunakan adaptor biasa hanya saja kita tidak akan pernah tahu kapan aki sudah terisi dengan penuh..justru yang kita takutkan akan mengisi secara terus-menerus sehingga akan terjadi over charger dan aki akan cepat rusak.

Sebelum kamu memutuskan merakit komponen pengisi aki.. sebaiknya kamu pelajari terlebih dahulu tentang teori aki.

Selamat merakit!

Share yuk!
Share yuk!
Tags :

Related Post: