7 Syarat Membuat Jamkesda agar Dana Cepat Cair | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Sunday, November 3, 2019

7 Syarat Membuat Jamkesda agar Dana Cepat Cair

7 Syarat Membuat Jamkesda - Hari itu saya sedang kebingungan membuat jamkesda saat nenek sakit dan divonis liver, apalagi kabar sepoi sepoi ada tetangga sebelah punya sakit yang sama dengan biaya operasi 6 jutaan.. operasi sedot cairan kuning yang ada didalam perutnya.

Sakit liver ditamdai dengan perut membesar seperti h4mil dan pada kasus yang kronis disendi-sendi kali bengkak dan jika daging yang bengkak tadi di pencet maka tidak bisa kembali (tanda penyakit kuning).

Mendengar kabar itu membuat diri saya semakin sedih.. biaya belum ada.. lagi pula nenek harus segera dibawa ke RS umum sanggau.

Dari masalah sinilah sehingga harus membuat jamkesda = jaminan kesehatan daerah, jaminan ini gratis tidak ada pungutan rutin setiap bulannya sehingga bagi para muslim tidak diragukan lagi syariahnya.. boleh boleh saja.

#Syarat Pembuatan JamKesDa Secara Umum Sekala Nasional

Pada hakekatnya syarat membuat jamkesda setiap daerah kabupaten maupun kota sama saja, yang membedakannya lama dan tidaknya dana cair.

Ada beberapa hal baru yang harus kamu ketahui.. begini.. saat saudara atau keluarga kamu sakit parah dan harus segera operasi maka jangan kamu tunda tunda langsung saja dibawa kerumah sakit meskipun kamu belum punya jamkesda, bilang saja pelayanan umum agar segera teratasi.

Selanjutnya barulah kamu urus jamkesda itu, bersyukurnya disini : kamu sudah menolong orang tanpa tertunda dan biaya operasinya dibayar oleh pemerintah daerah setempat, dalam hal ini biaya operasi dibayar oleh pemda.

#Perbedaan Jamkesda Vs Jasa Raharja

Kalau jamkesda adalah pemberian bantuan tanpa ada persyaratan khusus, semua gratis, sedangkan JS/jasa raharja harus setor tiap bulan.. memang sih JS lebih banyak jaminannya hanya saja jika dibandingkan jamkesda lebih simple dan mudah mengurusnya.

Jamkesda terbatas jaminannya, meski begitu banyak yang membutuhkannya karena mudah dan gratis hanya membuat surat miskin dari kecamatan setempat.. beres.

..sehingga beban setiap bulan tidak ada. Itulah hebatnya Jamkesda kepada warganya.

#Syarat Pembuatan Jamkesda Sanggau 2019

Dari kelurahan/desa setempat

  1. Siapkan eKTP, kk (foto kopinya saja)
  2. Meminta surat domisili jika belum punya identitas eKTP
  3. Meminta surat pernyataan miskin, ini untuk pengajuan agar di-acc oleh pak camat
  4. Jika suami nenek meninggal dan belum pecah Kk, maka kamu wajib meminta pernyataan yang isinya suami nenek sudah almarhum. Nanti pihak desa akan membuatkan penyataan bahwa Kk nenek sedang dalam proses pengurusan, meskipun pada prakteknya kamu tidak mengurus pemecahan Kk baru (menghilangkan nama si almarhum kakek)

Dari kecamatan setempat didaerah kamu

  1. Bawa semua berkas dari kelurahan/desa diatas.
  2. Perbanyak foto kopi Kk dan ektp bersangkutan sebanyak masing-masing 5 lembar
  3. Jika belum ada rujukan dari puskesmas setempat maka mintalah terlebih dahulu dengan alasan bahwa nenek kamu akan dioperasi di RS UMUM kabupaten, syaratnya bawa Fc Kk dan eKTP nenek, bilang saja kepada pihak puskesmas kalau kamu akan mengurus jamkesda.. nanti mereka akan membantumu.

Ok sekian dulu dari saya.

Hanya tambahan saja.. mungkin dalam praktek pengurusan jamkesda setiap daerah berbeda sehingga kendala yang dihadapi tentu berbeda pula, jika kamu menjumpai kendala itu bisa share pengalaman kamu dikomentar dibawah artikel ini agar masalah kamu bisa kami bantu, komentar kamu akan segera dibalas jika admin sedang online.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

0 comments:

Post a Comment