Solusi Sound Sepaker PC Laptop Tiba-tiba Mati Tidak Mengeluarkan Suara Apapun | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Tuesday, March 26, 2019

Solusi Sound Sepaker PC Laptop Tiba-tiba Mati Tidak Mengeluarkan Suara Apapun

Kamu pernah mengalami sound di PC atau Laptopmu tidak mengeluarkan suara atau bisu padahal kamu sedang sangat ingin atau menonton film ataupun mendengarkan music? Jika belum, kamu beruntung. Sejumlah orang pernah mengalami PC atau Laptopnya tiba-tiba tidak mengeluarkan suara atau bisu padahal sedang sangat ingin menonton film.

Menonton film atau mendengar lagu tanpa ada suaranya itu bagai makan nasi+sayur asem tanpa tempe dan sambal: enak-enak saja, tapi tidak nikmat.

Solusi Sound Sepaker PC Laptop Mati


Sound/spiker pada PC maupun Laptop itu sangat penting, terlebih bagi yang bekerja sebagai editor video, apalagi editor audio tentu suara di PC atau Laptop itu semacam nyawa. Selagi belum rusak, pastikan jaga baik-baiknya PC dan Laptopmu. Karena kalau sudah rusak atau error, benerinnya bikin kepala pusing.

Jadi, sound PC atau Laptop kamu tidak mengeluarkan suara? Tenang, artikel ini akan mengulas secara tuntas langkah-langkah untuk memperbaikinya. So, sekarang kamu duduk manis, bila perlu siapkan cemilan. Ready? Yuk baca ulasan langkah-langkah memperbaikinya di bawah ini. Lest check this out.

1. Jangan Panik, pastikan untuk tetap tenang

Bila kamu salah satu orang yang PC atau Laptopnya tidak mengeluarkan suara saat menonton film atau saat sedang mendengarkan music, tenang, jangan panik dulu. Cobalah untuk periksa apakah sound/spikernya dalam keadaan on atau off. Jangan sampai otak-atik ngga jelas, takut kalau-kalau malah bikin PC atau Laptop kamu malah jadi rusak. Oke, coba untuk tetap fokus ya.

Nah, buat kamu pengguna Laptop, coba cek dibagian icon bergambar spiker di pojok bagian bawah, kalau spiker berwarna merah itu tandanya suara di laptop kamu sedang dalam kondisi bisu atau muta. Permasalahan semacam ini sering terjadi, bisa karena tidak sengaja kepencet atau memang sengaja di mode bisu atau mute. Untuk mengembalikannya ke mode semula atau ke mode on, kamu cukup klik dua kali, lalu ceklis mute-nya.

2. Cek Tombol Mute

Masalah lainnya yang seringkali terjadi yaitu tombol "mute" yang kerap tak sengaja terpencet saat kamu sedang mengetik. Jadi, kalau sedang mengetik pastikan untuk mengindari tombol "mute" ya, kalau teribiasa lama-lama pasti sudah bisa dengan sendiri dengan menghindari tombol "mute" tersebut.

3. Hardwere Bermasalah

Kalau PC atau Laptop kamu tidak mengeluarkan suara, coba kamu tengok bagian hardwerenya, barangkali kesalahan yang terjadi ada disitu yang membuat PC atau Laptop kamu tidak mengeluarkan suara, seperti: hardware sudah mati atau barangkali koneksi pada colokan pada speaker koneksi yang kotor pada colokan speker kotor, kalau kotor coba bersihkan karena colokan speaker yang kotor memang sangat memengaruhi suara pada PC atau Laptop.

4. Cek letak volume di Device manager

Jika ternyata PC atau Laptop kamu tidak dalam kondisi bisu atau mute, berarti ada permasalahan lainnya. Langkah selanjutnya, coba cek letak volume di Device manager. Caranya, coba masuk ke menu "My Computer", klik kanan, lalu pilih "Properties", setelah itu akan tampil laman device manager. Di bagian ini, kamu coba klik sekali, kalau PC atau Laptop kamu normal biasanya tidak ada tanda tanya berwarna kuning, kalo ternyata ada, coba kamu cek apakahtanda tersebut untuk audio atau bukan, kalo untuk audio akan muncul tulisan "audio Device on High Definition Audio Bus", nah jika memang muncul seperti itu, tandanya kamu diharuskan memasukan CD driver dari Motherboard atau laptop kemudian instal Audionya.

5. Sound Card Dibersihkan

Bagi yang menggunakan sound card, sebaiknya rutin untuk membersihkannya. Caranya mudah, kamu bisa menggunakan penghapus pensil di bagian kuning yang terhubung ke Motherboard. Sound card ini tidak biasanya hanya tersedia bagi yang menggunakan PC saja, sound card tidak berlaku di Laptop.

6. Atur Settingan Sound Sebagai Default

Cara lainnya untuk memperbaik sound PC atau Laptop yang mati yaitu kamu coba mencari pada taskbar icon "speaker" atau "sound". Jika pada PC atau laptop kamu muncul simbol headset, itu berarti PC atau Laptop kamu berada disettingan mode headset atau headphone. Biasanya hal ini yang membuat PC atau Laptop kamu tidak bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Nah, cara untuk mengembalikan settingan sound ke default, coba kamu cari pada taskbar icon "sepaker" atau "sound" (umumnya berada di bagian pojok kanan bawah), lalu pilih "playback device". Bila sebelumnya ikon "speaker" atau "sound" sudah ada, kamu bisa langsung klik kanan ikon tersebut kemudian pilih "set as Default Device". Namun, bila gambar "speaker" atau "sound" pada belum juga muncul di layar, coba kamu klik kanan di bagian layar yang kosong, lalu beri centang pada "opsi Show Disabled Devices". Umumnya, akan tertera tulisan "disabled pada icon "speakers" atau "sound", maka coba kamu klik kanan lagi icon "speakers" atau "sound" tersebut, lalu pilih "enabled". Setelah itu, kamu setting "speakers" atau "sound menjadi Default. Pada kasus yang sama, biasanya setelah bagian ini PC atau Laptop yang tidak bersuara bisa kembali berusara.

7. Update Driver

Solusi lainnya jika PC atau Laptop kamu tidak mengeluarkan suara, sebelumnya coba cek terlebih dulu dirivernya barangkali ada masalah didalamnya. Karena biasanya sejumlah driver sound tidak cocok yang membuat crash dan corrupt yang berujungs sound tidak mampu mengeluarkan suara. Atau, kemungkinan lainnya, driver tidak sesuai dengan kartu grafis yang kamu punya. Solusinya, coba untuk audate driver lagi.

Berikut ini cara untuk update driver. Jadi, pastiikan astikan seluruh driver di laptop sudah terinstall semua. Kemudian, coba kamu buka "device manager", jika pada bagian sound driver terdapat ikon segitiga+tanda pentung, itu tandanya driver laptop belum terpasang. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu diharuskan mengunduh driverdari situs resmi. Selanjutnya, install drivernya sesuai pengarah dari situs resmi tersebut. Karena jika kamu menginstallnya tidak sesuai arahan, maka akan menyebabkan speaker laptop dan soundcard tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

8. Memanfaatkan fitur Aplikasi Antivirus

Selain langkah-langkah seperti yang sudah disebutkan di atas, penyebab lainnya yang bisa membuat "speaker" atau "sound" pada PC atau Laptoptidak mengeluarkan suarayaitu adanya serangan virus. Tidak menutuk kemungkinan hal tersebut bisa terjadi. Virus yang biasanya bisa menyerang bagian "spekar" atau "sound" itu biasanya virus yang masuk dalam kategori berbahaya. Virus yang menyebabkan PC atau Laptop tidak bisa mengeluarkan suara bisanya menyerang local disk drive. Solusinya yaitu pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi antivirusterpercaya dan tentunya resmi untuk melindungi PC atau Laptop dari berbagai ancaman.

Nah, demikan ulasan mengenai cara-cara memperbaiki PC atau Laptop yang tidak bisa mengeluarkan suara. Semoga bermanfaat selamat mencoba. Oh iya, jika PC atau Laptop kamu pernah mengalami kasus yang sama dan ada cara lain selain cara seperti yang sudah disebutkan pada point-point diatas untuk memperbaikinya, silakan share di kolom komentar. Yuk saling berbagi informasi.

Share on Facebook
Share on Twitter

Related Post:

0 comments:

Post a Comment