Memperbaiki Layar Monitor PC/Laptop Mati Padahal Mesin Hidup HDD Berbunyi | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Tuesday, March 26, 2019

Memperbaiki Layar Monitor PC/Laptop Mati Padahal Mesin Hidup HDD Berbunyi

Memperbaiki layar monitor PC/Laptop mati padahal mesin hidup dan hardisk terdengar bunyi nya - Pernahkah kamu berada dalam kondisi dimana PC atau Laptopmu error padahal kamu sedang dikejar deadline yang mengharuskan untuk menggunakan PC atau Laptop? Beruntunglah bagi kamu yang belum pernah mengalaminya dan jangan sampai deh kamu mengalaminya.

Sejumlah orang mengeluhkan kasus seperti yang sudah disebutkan di atas. Ya, PC atau Laptop tiba-tiba error/mati padahal sedang mengerjakaan tugas/pekerjaan yang sedang dikejar deadline. Menyebalkan, memang. Apalagi banyak file penting yang tersimpan di PC atau Laptop yang error tersebut dan memiliki backup datanya. Stress? Pasti. Kesel? Banget. Tapi yang membingungkan, Laptop mati tapi lampu HDD menyala. Kalau sudah begini, gimana coba solusinya?

Oke buat kamu yang sedang mengalami kasus seperti yang sudah disebutkan di atas, pastikan untuk tenang, jangan panik. Ada beberapa solusi ampuh untuk mengatasi permasalahan tersebut. Jadi, berikut ini step-step yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki PC atau Laptop yang mati tapi lampu HDD tetap menyala. Yuk simak ulasanya.

1. Ingat, kamu harus tenang dan jangan panik


Langkah pertama yang harus kamu lakukan saat PC atau Laptop mati namun HDD masih menyala yaitu kamu harus tenang, jangan panik. Sebab, saat panik biasanya justru tidak bisa berpikir jernih, alhasil kamu pun kesulitan mencari solusi untuk memperbaikinya. Jadi, apabila PC atau Laptop tiba-tiba tidak bisa menyala, akan tetapi kipas prosesor hidup, solusi untuk memperbaikinya cukup mudah, kamu tidak perlu membawanya ke tukang service, kamu bisa kok memperbaikinya sendiri. Kasus seperti ini biasanya titik permasalahannya ada pada RAM.

2. Cari tahu permasalahannya


Pada point pertama disebutkan bahwa kasus PC atau Laptop mati namun HDD masih menyala yaitu permasalahannya biasanya ada di RAM. Jadi, sebelum mengulas lebih jauh, kamu harus tahu dulu jenis-jenis permasalahan yang diakibatkan oleh RAM, salah satunya yaitu Blue Screen. Sejumlah orang mengeluhkan betapa merepotkannya kasus Blue Screen pada PC atau Laptop. Blue screen atau yang juga dikenal dengan nama "layar biru" ini merupakan istilah populer untuk tampilan layar Microsoft Windows saat mengalami kesalahan sistem atau biasa disebut stop error.

Pengguna Windows kerapkali dibuat kesel saat layar tampilan windows berubah jadi biru. kalau sudah begini, umumnya PC tak bisa digunakan lagi. Butuh me-restart untuk menjalankannya kembali.

Blue screen selain ditandai dengan layar tampilan windows menjadi warna biru, biasanya juga akan ditandai dengan bunyi BIP Panjang secara berulang saat mencoba menghidupkan PC atau Laptop, jika sudah begitu, segeralah matikan PC atau laptopmu tersebut. Bunyi BIP sendiri memiliki berbagai macam tanda/arti dan masing-masing tanda bunyi BIP tersebut pun berbeda-beda tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Nah, kalau PC yang tiba-tiba mati namun masih bisa hidup kembali setelah ikon power ditekan, coba kamu perhatikan dan periksa apakah kamu mengunakan screen saver atau tidak.

3. Mematikan aliran listrik yang terhubung ke PC atau Laptop


Baiklah, langkah selanjutnya saat PC atau Laptop kamu dalam kondisi hidup tapi tidak muncul apapun layar tampilan windows, coba kamu matikan semua aliran listrik yang terhubung ke PC atau laptop kamu, lalu buka bagian RAM. Selanjutnya, RAM terpasang di SLOT dikeularkan, apabila ada dua RAM atau lebih jangan diambil semua, sisakan satu yang terpasang, kemudian kamu cobalah untuk menghidupkan kembali PC atau laptopmu.

4. Bersihkan RAM


Biasanya, jika RAM-nya lebih dari satu, jika yang satu mati maka yang lainnya mengalami gangguan. Solusinya, pasang RAM di SLOT berbeda. Nah, jika langkah ini masih belum berhasil, keluarkan RAM tersebut dan cobalah untuk membersihkan bagian konektor dengan eraser pada bagian kuningya saja. Berhati-hatilah saat membersihkan atau menghapusnya, karena biasanya pada bagian ini akan muncul bekas hitam, namun akan kembali kinclong setelah dibersihkan dan dihapus. Selanjutnya, cobalah lagi pasang RAM pada SLOT, lalu hidupkan lagi PC atau Laptopmu, jika belum berhasil belum juga cobalah pada SLOT lainnya. Jangan menyerah.

5. Melepaskan HDD


Masih belum behasil normal juga PC dan Laptopmu? Masih tidak bisa menyala tapi prosesor dan HD menyala? Oke, berarti lanjut ke langkah berikutnya yaitu melepaskan HDD untuk keamanan file khususnya file-file penting. Sebab, pada bagian ini, PC atau Laptop akan dihidupkan dan dimatikan secara paksa dan berulang. Langkah ini biasanya berhasil namun memiliki resiko cukup besar yaitu kehilangan data.


6. Menggunakan Cutter


Jika sudah mengikuti langkah-langkah diatas tapi masih juga belum berhasil, langkah berikutnya menggunakan cara yang cukup extrim yaitu menggunakan cutter (pisau). Pastikan cutter yang digunakan disini bersih tanpa karat dan sejenisnya, selanjutnya bagian dalam RAM pada SLOT digosok menggunakan bagian samping cutter, jangan pernah sekali-kali menggunakan bagian yang tajam saat menggosoknya, lakukan secara perlahan dan berhati-hati serta penuh perasaan. Hal ini berfungsi bahwa pada konektor RAM, arus listrik yang mengalir ke dalam PC atau Laptop menimbulkan flek membandel pada RAM, selain itu, kadang juga ada bagian yang sesuai atau bukan pada tempatnya. Pada langkah ini, peran cutter menjadi sangat berguna.

slot memori ram tehnomac

Gambar diatas adalah bagian dari slot memori ram.


7. Mengunakan Contac Cleaner


Selain langkah-langkah seperti pada point-point di atas, ada cara lainya yang juga bisa jadi langkah alternativ untuk memperbaiki PC atau Laptop yang mati tapi HDD menyala. Pada langkah ini kamu bisa menggunakan Contac Cleaner. Pastikan Contac Cleaner yang digunakan itu bagus dan terpercaya. Caranya, kamu cukup semprotkanperlahan-lahan bagian Slot RAM yang bermasalah. Setelah sudah bersih, cobalah untuk memasangnya kembali dengan tepat dan benat. Sebaiknya masukan RAMnya satu dulu untuk mengtes apakah RAM tersebut sudah kembali normal atau sudah benar-benar hidup. Jika sudah dipastikan dan ternyata hidup, kamu bisa memasang yang lainnya.

8. Menggunakan monitor biasa


Masih ada langkah alternatif lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki PC atau Laptop yang mati namun HDD menyala. Pada langkah yang ini, kamu coba mengganti monitornya dengan monitor yang biasa. Biasanya.. kasus ini terjadi karena memang dari monitornya sendiri. Caranya yaitu pasang kabel monitor pada bagian slot yang tersedia, biasanya berada di bagian samping atau belakang.

Nah, itulah langkah-langkah untuk memperbaiki PC atau Laptop yang mati tapi HDD menyala. Ya, memang ngeselin dan bikin pusing kalau Laptop atau PC tiba-tiba mati atau error padahal banyak kerjaan dan sudah dikejar deadline. Mau ke tempat service jauh atau tanggal tua lagi KANtong KERing, dengan adanya langkah-langkah yang sudah diulas dalam artikel ini tentu sangat membantu mereka yang kebingungan bagaimana cara memperbaikinya. So, siapa diantara kamu yang pernah mengalami kasus serupa? Dan bagi yang sudah pernah mengalaminya, jika kamu memiliki cara berbeda untuk memperbaikinya, share yuk di kolom komentar. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Memperbaiki Layar Monitor PC/Laptop Mati Padahal Mesin Hidup HDD Berbunyi

0 comments:

Post a Comment