Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Tiba-Tiba Hilang #Work 100% | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Monday, February 12, 2018

Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Tiba-Tiba Hilang #Work 100%

Cara mengembalikan data di flashdisk yang tiba-tiba hilang. Banyak indikasi data di flashdisk yang tiba-tiba hilang begitu saja, dan flashdisk tiba-tiba tidak bisa terbaca. masalah ini bukan saja terjadi pada sebagian orang saja bahkan hampir semua orang mengalaminya. Saya juga pernah mengalaminya sendiri, file yang tersimpan namun file itu tiba-tiba hilang di laptop. Jadi masalah saya ini juga mungkin pernah terjadi pada kamu yang menyimpannya di flashdisk. Intinya masalah ini tidak tahu apa penyebabnya, apakah virus atau kepencet delete, yang tahu-tahu data atau file hilang begitu saja.


Terhapusnya atau hilangnya file pada flashdisk setelah beberapa hari maupun baru saja terjadi mempunyai cara yang berbeda dalam mengembalikan semua file tersebut seperti semula. Panduan komplit restore file yang hilang di flashdisk akan saya ulas dalam artikel ini supaya masalah kamu dapat diatasi sesegera mungkin sebelum terlambat. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan cara manual dan dengan cara menggunakan bantuan sofware. Kedua cara ini mudah sekali melakukannya dan tidak butuh skil apapun, semua bisa melakukannya, sekalipun pemula.

Mari kita mulai bahas dari awal..

#1 Mengembalikan File pada flashdisk Dengan Cara Manual


Ini bisa dilakukan ketika file didalam flashdisk baru saja hilang karena salah pencet yang tiba-tiba terhapus sendiri atau selama laptop kamu belum pernah "shut down", selama itu file yang terhapus bisa dikembalikan dengan cara manual.

Caranya:

Tekan tombol CTRl+Z pada keyboard kamu

Maka hasilnnya semua data atau file yang barus saja terhapus bisa kembali sepenuhnya tanpa terlewat sedikitpun.

Atau cara lainnya dengan mengembalikan "restore all items" pada "recycle bin".

Lalu bagaimana jika terjangkit virus yang menghiddent file ??, artinya file dan data di flashdisk hilang dan kamu tidak tahu entah kapan hilangnya dan disebabkan oleh siapa.

Jika kejadiannya seperti ini maka kemungkinan besar didalam file flashdisk terdapat virusnya, flashdisk terliahat kosong padahal sejatinya tidaklah kosong hanya disembunyikan oleh virus. Untuk memastikannya apakah didalam sisi flashdisk itu benar-benar ada filenya dengan klik kanan pada data (H:namaflashdisk) lalu pilih dan klik property, maka akan muncul jendela property, lihat dibagian tab "general" jika ada isinya maka dibagian "used space" tidak nol seperti terlihat contohnya digambar berikut ini.

cara mengembalikan data di flashdisk yang tiba tiba hilang

Untuk mengembalikan semua data itu jangan langsung menggunakan anti virus, dikhawatirkan semua data terhapus permanen oleh anti virus itu. Jadi kamu harus melakukannya dengan cara manual saja dulu.

Caranya begini..

Pertama. Menggunakan tool yang ada didalam windows. Cara ini mudah sekali, caranya dengan mencentang "show hidden files, folders, and drivers".

caranya:

Kunjungi jendela folder windows explorer pada laptop atau pc kamu, lalu lihat dibagian atas jendela akan ada opsi tab "file", "edit", "tool", dan "help".

Terlihat seperti gambar dibawah ini.

file flashdisk hilang karena virus

Jika tidak terlihat pilihan tab seperti gambar diatas, maka tekan tombol "ALT" pada keyboard. Setelah itu pilih dan klik "tools >> folder option.." lalu centang atau pilih "show hidden files, folders, and drivers".

data flashdisk hilang tapi kapasitas ada

cara mengembalikan file yang hilang di flashdisk karena terformat

Lalu lihat isi flashdisk kamu, semua file akan terlihat lagi, dan lihatlah dengan cermat dan seksama, apakah disana ada file atau foleder yang asing?? jika ada maka itulah jenis virusnya, untuk membasminya nanti dengan antivirus jika semua data yang sudah kembali itu sudah kamu pindahkan ke laptop atau tempat flashdisk lain yang sehat dan normal.

Jika cara diatas belum juga membuahkan hasil, maka masih ada cara lain menggunakan tool windows bernama "CMD". Cara ini agak sedikit sulit tetapi akan saya coba pandu caranya dengan detail sampai selesai.

Pertama..

Klik kiri pada "start" windows lalu ketikkan di pencarian program dengan kata "CMD", boleh menggunakan hurup kapital maupun tidak kapital, bebas saja. Terlihat hasilnya seperti gambar dibawah ini.

file tiba tiba hilang di laptop

Setelah itu klik "CMD" pada hasil pencarian itu, lihat pada gambar diatas, posisi program cmd ada dibagian atas, kamu klik kiri, maka akan muncul jendela cmd seperti dibawah ini.

cara mengembalikan file yang tiba tiba hilang di komputer

Setelah itu ketikkan kata "cd.." (huruf c dan huruf d dan titik dua kali, semua tanpa sepasi) lalu tekan enter pada keyboard kamu, hasilnya terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

file tiba tiba hilang di android

Setelah itu ketikkan alamat drive flashdisk kamu, jika punya saya contohnya ada di drive H:, terlihat seperti gambar dibawah ini. Lalu tekan enter dan hasilnya terlihat digambar dibawah ini.

flashdisk tiba tiba tidak terbaca

Setelah itu ketikkan paduan hurup berikut ke kotak cmd.
*.* -S -H -R /S /D
Perhatikan spasinya antara huruf-huruf diatas, ketikkan persis sama atau kamu bisa copy paste, supaya semuanya benar.

file hilang sendiri di laptop

Lalu tekan enter. Dan lihat hasilnya, maka semua data yang tersimpan didalam flashdisk akan muncul kembali, salin semua data itu ditempat lain yang lebih aman.

Namun, jika cara ini belum juga membuahkan hasil, prakteknya seperti hasilnya terliaht pada gambar dibawah, maka cara yang bisa kamu lakukan dengan menggunakan bantuan software "PC Inspector File Recovery", bisa kamu download secara cuma-cuma diinternet. Nah, cara ini akan saya ulas dibawah ini (panduan #2).

file hilang sendiri di komputer

#2 Mengembalikan File pada flashdisk dengan "PC Inspector File Recovery"

Jika cara-cara diatas tidak membuahkan hasil semua, maka masih ada jalan terakhir untuk menyelamatkan semua sisi file didalam flashdisk kamu, yakni dengan menjalankan program atau aplikasi "PC Inspector File Recovery". Untuk mendapatkan aplikasi ini bisa mencarinya diinternet secara cuma-cuma.

Jika sudah kamu instal maka langkah selanjutnya adalah dengan menjalankan aplikasi tersebut, matikan koneksi internet untuk berjaga-jaga agar proses scanning berjalan mulus.

Tunggu prosesnya samapi selesai, dan ini butuh waktu yang lama, lamanya bervariasi. jadi sabar saja dulu sampai proses scanning benar-benar selesai dan sempurna.

Cara ssetting aplikasi ini mudah sekali.

Pilih Recovery Deleted Files, lalu pilih drive yang ingin di eksplorasi, dalam masalah kali ini adalah drve flashdisk, maka pilih dan centang H:(namaflashdisk). Jalankan aplikasi dan tunggu hasilnya.

Sekian yang bisa saya pandu dalam menyelesaikan masalah hilangnya semua fle atau sebagian file didalam flashdisk, semoga cara-cara diatas dapat membantu menyelesaikan masalah kamu. Dan jika masih ada kendala bisa berkomentar dibawah ini. Komentar kamu akan segera dibalas jika admin sedang online.

Semoga berhasil.

Tag. apakah yang dilakukan jika data yang tersimpan di flashdisk hilang karena virus . apakah yang dilakukan jika data yang tersimpan diflasdisk hilang karna virus

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related : Cara Mengembalikan Data di Flashdisk yang Tiba-Tiba Hilang #Work 100%

2 comments:

  1. Ka, makasih banyak informasinya.. ngebantu banget, tapi semuanya udah kucoba dan hasilnya foldernya ada tapi isinya ga keseluruhan kembali kaya semula,, what is wrong? dan what should i do?? please helpppp...

    ReplyDelete
  2. @ifa M : memang tdk bisa kembali 100%

    ReplyDelete