Panduan Komplit Repair Wifi/Hotspot yang Error-nya Bandel Sekali #Laptop/PC

Pada sistem operasi windows 7 seringkali terjadi trouble pada sistem jaringan wifi maupun hotspot. Penyebabnya adalah satu, sering untuk berinternetan, kadang disana banyak virus yang mudah menyusupi sistem operasi windows laptop atau Pc. Sehingga masalah ini sering saya jumpai sendiri pada laptop saya meski sudah menggunakan aplikasi anti virus yang mumpuni, tetap saja wifi/hotspot tidak bisa digunakan. Ada yang lebih parah sekali hingga yang menyebabkan software-software pada network adapter minta ganti yang baru, nah kalau masalahnya begini kamu harus download software-software tersebut yang bisa dicari dari internet dan pastikan website yang kamu download merupakan website terpercaya, jika tidak, bisa saja disusupi virus yang lebih hebat lagi.

Menyedihkan bukan, jika laptop kita tidak bisa digunakan wifi-an atau hotspot-an, karena jaman ini banyak penyedia wifi dan hotspot gratis, seperti di tempat warkop, area kantor telkom, area kampus dan banyak lagilah.

Jadi laptop yang normal merupakan hal yang harus dipenuhi agar dapat memenuhi aktifitas sehari-hari kita.

Saya akan mencoba membagikan pengalaman saya saat laptop saya terjangkit penyakit yang penyebabnya entah tidak tahu, namun saya menduga karena virus bandel yang merusak software bagian adapter.

Tenang saja, semua masalah diatas jangan begitu dikhawatirkan, saya akan mencoba membantu masalah kamu sampai tuntas dan semoga bisa membantu.

Mari ikuti bahasan ini dalam menyelesaikan masalah wifi dan hotspot yang rusak tidak bisa konek yang biasanya ditandai dengan tanda silang (X) pada network bagian taskbar windows 7.

#1 Pastikan Dulu Selama Memperbaiki Masalah Ini Nanti Tidak Mati Lampu atau Baterai Drop
Jika ditempat saya tinggal masalah in penting, akan berakibat fatal jika saat memperbaiki software lalu masih dalam proses intalasi menjadi gagal karena faktor lampu mati sehingga laptop mati saat instalasi.

Meski ada sebagian orang berkomentar tidak bahaya, namun saran saya tetap saja bisa menjadikan laptop tidak normal, berbeda saat kamu menginstal aplikasi pendukungseperti desaign grafis dll, tetapi ini masalah driver atau software pendukung sistem operasi windows, jadi selama memperbaiki wifi atau hotspot error harus dalam keadaan lampu hidup atau isi baterai laptop masih banyak.

Ini hanya sedia payung sebelum hujan, jika kamu tetap bersih kukuh melampaui batas saran saya diatas, ya tidak apa-apa -^^- namun jika terjadi apa-apa tanggung sendirilah, atau menyesali perbuatan diatas lalu mengeluh ke saya, juga tetap akan saya bantu masalah kamu, karena siapapun yang membaca blog ini tetap akan saya hargai 100%, komentar saja dibawah artikel ini paling bawah jika ada masalah terkait isi blog ini atau masalah lain.

#2 Uninstal Semua Software pada Network Adapter

Menghapus driver bisa jadi fatal seperti masalah terakhir yang saya lakukan di laptop saya, sehingga kamu harus mencatat dulu nama semua software-software yang ada di bagian network adapter itu.

Seperti apa nama-nama software itu, lihat contoh software pada windows 7 di laptop toshiba saya.

Panduan Komplit Repair Wifi/Hotspot yang Error-nya Bandel Sekali

Cara membuka jendela network adapter seperti terlihat pada gambar diatas, mudah saja.
Klik kanan "computer" lalu pilih dan klik pada "manage" >> lalu klik kiri "device manager".
Kalau kamu lihat gambar diatas ada tiga jenis software pada network adapter. Umumnya ada tiga tapi saya tidak tahu untuk jenis selain laptop seperti punya saya, intinya semua nama-nama sofware itu kamu tulis ulang dan simpan, tujuannya jika terjadi apa-apa pada software itu bisa kamu cari diinternet dan didownload lalu diinstal lagi.

Nah yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah..

Meng-uninstal ketiga software pada network adapter. Caranya mudah saja, klik kanan pada nama software itu satu persatu lalu pilih dan klik "uninstall".

Setelah uninstal selesai, kamu restart laptop itu maka akan terinstal otomatis software-software itu oleh sistem operasi windows-nya. Jika tidak percaya, bisa kamu lihat kembali, maka nama-nama software pada network adapter akan kembali seperti semula.

Nah yang menjadi masalah errornya pada wifi dan hotspot adalah terdapatnya tanda silang (X) pada software-software tersebut. Lihat setelah kamu uninstal semua software itu, adakah tanda silang-nya, jika tetap ada, berarti penyakit laptop kamu sudah pada tahap parah.

Tetapi jangan khawatir, jika masalah itu parah, persis sama pada laptop saya dulu. Semua bisa diatasi dan diperbaiki tanpa merusak hardware-nya.

Baca langkah selanjutnya..

#3 Update Driver Software pada Network Adapter


Jika alngkah kedua tidak manjur, maka tahap selanjutnyaa dengan meng-update driver sofware itu, tapi butuh koneksi internet dengan menggunakan bantuan modem. Caranya mudah juga, klik kanan driver software itu lalu pilih dan klik "update driver software..", tunggu hingga prosesnya selesai, biasanya lama dan melalui tahap searcing, downloading, dan installing. Lebih lengkapnya untuk proses ini bisa melihat diartikel saya sebelumnya disini

Setelah ketiganya kamu update, langkah selanjutnya dengan me-restart laptop kamu, lalu lihat adakah tanda silangnya, jika sudah tidak ada berarti laptop kamu sudah kembali normal.

Jika masih ada tanda silangnya, berarti belum manjur juga cara saya diatas. Lakukan langkah ke-4 yang lebih manjur dari langkah-langkah sebelumnya.

#4 Uninstal dan Ganti Driver Software pada Network Adapter

Tahap terakhir dalam menanggulangi masalah diatas adalah dengan mengganti driver software baru yang serupa, didapat dari internet, download saja driver itu di google, banyak yang menyediakan disana. Salah satu website penyedia driver yang grais untuk didownload adalah di website-nya dell.com

Cara mencari driver yang kamu butuhkan, mudah saja.

Tulis nama driver itu pada pencarian google dengan disertai website dell.com

Contoh:
atheros ar8152/8158 pci-e fast ethernet controller site:dell.com
Jika website dell.com membagikan driver itu akan nampak dipencarian google, buka url itu dan download driver yang kamu butuhkan.

Mudah bukan!

Setelah itu instal lalu restart laptop kamu. Setelah restart, kunjungi jendela network adapter dan lihat, dan yang terakhir update lagi seperti panduann dinomor #3.

Ini panduan terakhir yang pernah saya praktikkan di laptop saya, dan menajur. kamu bisa membuktikannya..

Jika masih ada kendala pada isi panduan artikel diatas, baik sebagian maupun keseluruhannya, jika ada yang kurang pas silahkan untuk berkomentar dibawah ini. Komentar kamu akan segera saya balas jika sedang online.

Sekian semoga membantu..

PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata. DMCA

No comments:

Post a Comment