Cara yang Benar Mengumpulkan Banyak Sinyal dengan Antenna #Desa Pelosok | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Saturday, December 9, 2017

Cara yang Benar Mengumpulkan Banyak Sinyal dengan Antenna #Desa Pelosok

Ini berlatar belakang dari masalah pribadi yang tinggal dipedesaan nan jauh dari jangkauan tower, sehingga untuk berinternetan menggunakan modem tidak bisa koneksi, selalu gagal terus. Ini petanda malapetaka besar bagi saya yang hoby internetan.

Namun, tidak perlu khawatir lagi. Akan saya ceritakan pengalaman saya dari awal hingga saat ini sudah nyaman sekali internetan dari desa, justru lebih kerasan dan nyaman berinternetan dari desa tempat tinggal saya. Justru yang tempatnya begini, kecepatan internet-nya lebih kencang, karena jarang penggunanya.

Sayalah yang sudah membuktikannya, hanya beberapa bar sinyal saja, luar biasa sekali kecepatan internet-nya, jika dibandingkan dengan domisili saya sebelumnya di kota malang, masih kalahlah kecepatannya.

Mari ikuti peradaban internetan saya dari awal hingga sekarang.

#1 Sebelum Menggunakan Antenna Yagi Extreme III

Meski sinyal ada 1-2 bar, namun digunakan menggunakan modem tidak pernah koneksi, selalu gagal koneksi. Awalnya saya bingung, kenapa demikian?? padahal lancar saja jika dimasukkan dalam hp lalu internetan via hp, meski pada jaringan edge, begitu dimasukkan modem, tidak bekerja dan modem cepat panas.

#2 Sesudah Memakai Antenna Yagi Extreme III

Begitu dasyat sekali kecepatan internet-nya saat sudah mendirikan antena jenis ini diatas rumah sekitar -+12 meter, meski tetap mendapatkan sinyal hanya 2-3 bar saja, namun untuk internetan cepat juga. Sehingga menjadi nyaman dan kerasan tinggal di desa, sebab posisi saya ada dibisnis online.

Ini kenampakan antenna yagi extreme 3.

panduan mengarahkan antenna yagi extreme 3

Tiangnya asal-asalan, dengan menggunakan kayu jonger, sebuah nama kayu yang ada di kalimantan, terkena air hujan dan panas tetap kuat.

Arahkan antenna tepat pada tower terdekat, dikira-kira saja arahnya, sampai ditandai sinyal yang stabil antara 2-4 bar. Jika ditempat saya untuk sinyal Telkomsel ke arah kota Balaikarangan, sedangkan untuk jaringan XL kearah kota Kembayan.

#3 Modifikasi Modem Agar Kuat 24 Jam Non Stop

Yang perlu diperhatikan juga adalah kekuatan modem, jika modem cepat panas, tentu kecepatan internet semakin lambat bahkan tidak sama sekali jalan. Untuk itu tambahlah fitur pada modem dengan menaikkan amphere-nya. Biasanya modem hanya memiliki besaran amphere sekitar -+1,5 amphere saja.

Cara menambahkannya bagaimana??
Ada dua cara..

Pertama. Merubah komponen didalam modem, ini butuh ketelitian tingkat tinggi, pasalnya komponen yang ada didalamnya sangat kecil, jadi tidak mungkinlah menurut saya, daripada menjadikan rusak pada modem, lebih baik tidak saja. Tetapi jika kamu mempunyai kompeten, maka boleh saja asalkan hati-hati.

Kedua. Dengan menggunakan bantuan "Swicting AC ukuran 5A 5V". Minimal 5A jika lebih tinggi lebih baik (semakin tinggi semakin mahal) dan yang terpenting ukuran volt-nya harus 5V saja.

Kenampakan Swicting AC 5A 5V punya saya.

cara memperkuat sinyal dengan menaikkan aphere modem

#4 Tambahkan Penangkap Sinyal dari Allumunium Foil

Ini penting sekali. Saya tetap menambahkan lembaran allumunium foil dibelakang laptop tepatnya persis disamping kanan modem, tujuannya agar sinyal selalu stabil dan kuat, dan buktinya juga benar, internetan tetap kuat dan stabil, kamu bisa membuktikannya nanti.

Allumunium foil saya buat menggunakan papan ukuran -+15 x 30cm, seperti kenampakan foto dibawah ini.

penguat sinyal allumunium foil

Nah itulah cara mencari sinyal dan mengumpulkannya agar dapat digunakan berinternetan dengan lancar dan stabil, semakin baik rangkaian dan fitur tambahan yang dibutuhkan untuk berinternetan semakin membaik. Dan juga tidak kalah pentingnya adalah arahkan antena ke arah tower terdekat, jika pas arahnya maka sinyal akan kuat.

Adapun kenampakan fitur lengkapnya yang saya gunakan untuk berinternetan di desa yang cukup jauh dari tower seperti gambar dibawah ini.

agar modem tahan panas dan selalu dingin 24 jam non stop tehnomac

Cara diatas bisa kamu tiru agar dapat membantu meningkatkan kekuatan dan kestabilan sinyal seperti yang saya alami. Semoga saja internetan menjadi ladang uang bagi kamu, seperti untuk jual beli onine dan sebagainya.

Semoga sukses..

Share on Facebook
Share on Twitter

Related : Cara yang Benar Mengumpulkan Banyak Sinyal dengan Antenna #Desa Pelosok

0 comments:

Post a Comment