Cara yang Benar Memperbaiki Printer Canon MP237 Berbunyi Nyet-Nyot | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Monday, November 27, 2017

Cara yang Benar Memperbaiki Printer Canon MP237 Berbunyi Nyet-Nyot

Printer yang sudah lama kepakai biasanya saat sedang beroperasi berbunyi ejrek ejrek krek krok, itu wajar, kadang saja yang produk baru juga berbunyi demikian, tetapi yang berbunyi nyet nyot seperti mesin tidak kuat ngangkat, ini baru bermasalah, harus segera diperbaiki sendiri.

Cara memperbaiki printer yang berbunyi nyet-nyot saat beroperasi mudah saja, disini akan dibahas cara memperbaiki printer MP237 dari pengalaman pribadi.

Permasalahan bunyi tidak wajar iti disebabkan pada pegas ASF printer yang terlepas, ada juga sebagian kasus pegasnya patah dan harus diganti.

Saya pernah mengalami hal yang sama, biasanya led lampu blank kedap-kedip, dan printer tidak jalan sama sekali, bunyinya pun tidak wajar, nyet-nyot seperti tidak ngangkat.

Untuk mengembalikan bunyi yang normal seperti semua, mudah saja. Buka printer canon, kebetulan punya saya tipenya canon MP237 seken yang sudah dimodif sistem injek.

Agar lebih mudah memahami, akan saya bahas langkah demi langkah berikut ini.

#1 Buka Casing/Baju Printer Canon MP237, Lihat ASF Printer

Karena ASF yang akan kita buka letaknya dibagian bawah, tepatnya dibawah tombol power/on (bagian kiri printer) dan persis dibelakang parkiran catrid (kiri printer).

AS printer canon umumnya berwarna putih, dan disana banyak gerigi-geriginya, dan tepatnya ada selang untuk pembuangan sisa tinta, nah itulah paketan ASF yang saya maksud. Jika ASF ini error maka akan bunyi nyet-nyot, mesin printer tdak ngangkat lagi karena pegasnya lepas.

Lalu diposisi mana pegas itu??

Pertanyaan yang bagus sekali, nah inilah yang akan saya bahas.

Disayangkan belum ada foto yang saya ambil dari hape pribadi, nanti akan saya beri contoh foto ASF nya dari referensi internet.

penyebab printer canon bunyi nyet nyot keras

Posisi pegas ada didalam, jika pada foto diatas sudah dalam kondsi ASF dibuka, jadi pegasnya ada diluar gerigi yang diberi linkar merah, modelnya pada ujung atas pegas terdapat tumpuan menahannya, telitilah apakah ada ujung pegas yang lepas dari tempatnya? jika ada yang lepas, maka posisikan pada tempatnya.

Lalu pasang kembali casingnya seperti semula, lalu coba putar gerigi kearah berlawanan jarum jam, jangan kebalik, jika kebalik bisa jadi pegasnya lepas lagi.

Biasanya pemula pemakai printer jika ada kertas terselip maka menariknya kembali kebelakang, ini salah satu penyebab pegas didalam ASF lepas, jika ada kertas ter-jumper maka tariklah kedepan seperti keluarnya kertas saat nge-print.

Nah, itulah salah satu solusi penyakit printer yang berbunyi tidak wajar. Semoga artikel ini dapat membantu kamu yang mempunyai kasus sama seperti printer ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

0 comments:

Post a Comment