6 Petunjuk yang Benar Mempercepat Kinerja Windows 7 Ultimate 32 Bit #Laptop dan PC | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Wednesday, August 2, 2017

6 Petunjuk yang Benar Mempercepat Kinerja Windows 7 Ultimate 32 Bit #Laptop dan PC

Ini saya lakukan sendiri dan sudah work 100% di laptop saya. Laptop bawaan mempunyai kinerja yang masih bisa ditingkatkan lagi dengan sedikit modify. Jika kamu seperti saya penggemar sistem operasi windows 7 ultimate 32 bit maka disarankan mengoptimalkan kinerja laptop kamu, karena jenis sistem operasi ini bisa kamu maksimalkan agar kinerja laptop semakin cepat.


Cara ini aman dan tidak memodify regedit yang aneh-aneh, masih katagori aman dan dapat memberikan hasil yang maksimal untuk meningkatkan kinerja laptop.

Manfaat memaksimalkan kinerja sistem operasi windows 7 antara lain:
  1. Bebas dari sampah atau tembolok
  2. Ruang bebas ram bertambah
  3. Mengatasi virus jahat yang berjalan secara otomatis
  4. Meningkatkan kecepatan sistem operasi windows
  5. Terjaga perawatannya, sehingga laptop lebih awet

Mari langsung saya berikan petunjuknya, semoga bermanfaat..

#1 Pertama, alihkan laptop ke mode "Update Speed" ke "hight"

Caranya dengan klik kanan pada taskbar, maka akan muncul pilihan seperti: toolbars, cascade windows, ... start task manager hingga properties.  Pilih dan klik kiri start task manager, maka akan muncul kotak "windows task manager", pilih menu "view" >> "update speed" lalu pindah ke "hight", lihat gambar dibawah ini agar lebih jelas.
Klik kanan pd Taskbar

Jendela windows task manager

#2 Selanjutnya Modify "Performance" ke pilihan "adjust for best performance"

Agar laptop kamu bisa full maksimal, kamu harus mengganti pilihan "performance" ke best performance. hasilnya ananti bisa kamu buktikan sendiri, hanya dengan kedua cara ini sudah banyak peningkatan kecepatannya.

Caranya, klik kiri "start" >> klik kanan pada "computer" >> lalau klik kiri pada "properties", maka akan muncul jendela system tentang informasi laptop atau komputer yang kamu gunakan.

Pilih "advanced system settings" maka akan terbuka jendela "system properties" >> klik menu "advanced", maka akan ada 3 pilihan yaitu performance, user profile, dan startup dan recovery. Pilih yang pertama "performance" dan klik pada "setting", maka akan keluar jendela "performance option" lalu centang atau pilih bagian "adjust for best performance". Lihat apa yang berubah, tampilan desktop kamu akan berubah ke versi paling simple. Rasakan perbedaannya saat kamu refresh desktop, kecepatan respon saat klik nya lebih kencang.

Untuk lebih jelasnya lihat petunjuk gambar dibawah ini.


Pada nomor 1 klik kiri, pada nomor 2 klik kanan, pada nomor 3 klik kiri, maka akan kebawa pada jendela "system" seperti dibawah ini.

Jendela system


 Lihat petunjuk gambar diatas, pilih ke menu atau tap "advanced" lalu klik setting yang saya beri garis merah tebal. Maka selanjutkan akan kebawa kejendela "performance option" seperti gambar berikut ini.


Lalu pilih ke mode "adjust for best performance".

#3 Hilangkan Centang pada "time to display list of operating system" dan pada "time to dispaly recovery option when needed"

Manfaaatnya ini untuk mempercepat saat startup atau menghidupkan laptop kamu, tanpa logo dan waktu saat booting ke desktop. Jadi waktu booting ke desktop lebih cepat.

Caranya begini..

kembali ke kotak "system properties" >> klik pada menu "advanced" >> klik "setting" pada "startup dan recovery", maka akan muncul 2 pilihan, yakni "system startup" dan "system failure", lalu hilangkan centangnya seperti petunjuk gambar dibawah ini (harus persis sama).


Perhatikan di kotak merah di gambar diatas, setting persis gambar.


#4 Bersihkan Semua Sampah Didalam Folder "Prefetch"

Jika kamu menggunakan ccleaner dan aplikasi lain sejenisnya tidak dapat menghapus semua isi pada folder prefetch, dalam folder ini merupakan sampah yang tidak begitu berguna, jadi saran saya seringlah menghapus isi dalam folder ini.

Pada prakteknya, isi dalam folder ini tidak semuanya bisa terhapus, jadi jika masih tersisa biarkan saja, itu isi file bawaannya yang tidak bisa terhapus.

Lihat gambar berikut ini.

folde prefetch


Hapus semua yang ada di dalam folder di prefetch.

#5 Bersihkan Semua Sampah Didalam Folder "Temp"

Didalam folder ini juga tidak bisa dihapus melaliu ccleaner atau aplikasi sejenis sekelasnya, sehiinga perlu menghapus manual total.

Caranya: dengan mengetikkan "%temp%" pada pencarian "search program and file" lalu akan muncul folder "temp" dan klik. Lihat petunjuk gambar dibawah ini.

Pencarian %temp%


Lalu hapus semua isi yang ada didalam folder "temp", biarkan file yang tidak bisa terhapus, karena itu bawaan windows, hapus saja yang sekiranya masih bisa dihapus. Lihat kenampakannya pada gambar dibawah ini, isi folder temp pada lapto saya yang tidak bisa terhapus hanya ada 1 file, mungkin berbeda di laptop kamu. Perbedaan ini tidak masalah.

#6 Menjalankan "Disk Cleanup" Bawaan Windows

Ini adalah petunjuk terakhir dan pungkasan saat kamu melakukan optimalisasi sistem operasi windows 7 ultimate 32 bit. langkah terakhir ini untuk menyapu bersih sampah-sampah file dalam ram dan drive C.

Caranya begini..

Klik kiri pada "start" >> "all program" >> "accesorries" >> "system tool" >> "disk cleanup"

Gambar 1
Lalu klik "disk cleanup" maka akan muncul jendela "disk cleanup : drive selection" dan klik OK. Lihat gambar berikut ini.

Gambar 2

Gambar 3

Setelah itu akan muncul jendela "disk cleanup for ..(C:)" lalu klik "cleanup system file" maka akan menuju lagi ke "disk cleanup : drive selection" (sepeti gambar 2) lalu klik OK lagi, maka akan muncul lagi jendela "disk cleanup for ..(C:)" (seperti gambar 3) lalu klik OK.

lihat gambar berikut ini.


Gambar 4
Bedakan gambar 4 diatas ini dengan gambar 3, digambar 4 tidak ada pilihan "cleanup system file", inilah alasannya kenapa harus mengulangi 2 kali cara yang sama pada langkah #6 ini.


Klik "delete file". Tunggu proses menghapusnya hingga selesai.

Nah, sudah beres. Kondisi laptop kamu saya jamin lebih kencang dan responsif saat sedang menjalankan perintah klik.

Masih bingung!! Saya buatkan videonya agar kamu bisa memahaminya.


Beberapa petunjuk diatas tentang memaksimalkan kinerja sistem operasi windows 7 ultimate 32 bit diatas mungkin masih belum jelas atau karena petunjuk saya yang belum bisa tersampaikan oleh kamu karena bahasanya dan tulisannya kurang sesuai EYD, bisa menghubungi komentar dibawah ini. Komentar kamu akan segera saya balas jika sedang online.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

5 comments: