Cara yang Benar Memperbaiki Hardisk yang Sedang Rusak #Lemot-Tidak Ada Reaksi

Pernahkan laptop kamu terasa lemot sekali, padahal sudah core i3 atau diatasnya, saya pernah menjumpai laptop yang masalahnya demikian, mulai dari startup nya saja lama sekali dan setelah booting ke desktop untuk membuka explorer juga lemot tidak sewajarnya. Ini pertanda harddisk itu bermasalah, banyak faktor yang menyebabkannya, yang sering terjadi pada kehidupan sehari-hari adalah karena penyimpanan file dan aplikasi baik di drive C,D,E dst sudah hampir penuh atau sudah lebih dari 70% penyimpanan, ini pasti akan bermasalah pada kinerja hardisk.

Cara agar hardisk kamu pulih seperti semula jika permasalahannya seperti diatas adalah dengan mengurangi simpanan file dan tata file itu dengan menjalankan defragmen. Setelah itu pasang aplikasi ccleaner dan jalankan, tujuannya untuk menghapus semua jenis sampah yang masih bersarang di laptop atau komputer kamu, dan jangan lupa juga untuk memaksimalkan kinerja laptop kamu dengann sedikit otak-atik dalam sistemnya.

Baca juga : Cara yang Benar Memaksimalkan Kinerja Laptop Windows 7

#Memperbaiki Hardisk Rusak Tidak Bisa Booting pada Rakitan Komputer

Jika kamu pemula dalam merakit komputer dan semua produk rakitan itu seken, mulai dari mobo, prosessor, hardisk Dll maka bisa jadi salah satu diantaranya tidak beres, dan yang sering dijumpai adalah hardisk yang tidak bisa booting atau terlihat rusak, padahal belum tentu hardisk itu rusak.

Nah, mari kita cek terlebih dulu..

#Pastikan komputer sudah terinstal sistem operasi windows

Jika komputer rakitan kamu belum kamu instal sistem operasi maka beri terlebih dahulu sistem operasi dengan menginstal windows 7. Cara pertama ini juga merupakan prose awal mengetahui atau mendeteksi apakah hardisk komputer bekerja, jika belum bekerja maka cek pada tegangan yang masuk ke hardisk.

#Pastikan Dulu Tegangan Masuk pada Hardisk

Cek apakah ada tegangan yang masuk ke hardisk kamu ? kamu bisa mengeceknya dengan alat ukut tegangan seperti avo. Jika tidak ada tegangan yang masuk maka komputer tidak bisa membaca hardisk.

#Pastikan Kabel Data Terpasang dengan Benar atau Tidak Salah Mencolokkan pada Motherboard

Ini juga sering dijumpai kelalaian atau kekeliruan, menempatkan kabel data yang salah tidak pada kedudukannya, sehingga hardisk tidak terbaca atau tidak bisa booting. Pastikan kabel data benar dan ada tegangan yang masuk ke hardisk komputer.

#Hardisk Tidak Terbaca oleh BIOS

Jika semua tips diatas sudah kamu lakukan namun hardisk masih belum terbaca berarti ada error pada hardisk kamu, ganti hardisk seken lainnya. Jika sudah terbaca oleh bios, setting ulang hardisk kamu seperti isi hardisk baru.



Bagaimana jika hardisk yang rusak Muncul Pesan "HDD controller failure" ??


Pertanyaan yang tepat sekali, mari kita mulai cara mengatasinya dengan benar.

Pesan itu muncul karena beberapa faktor, seperti jumper slave belum menancap dengan benar-benar pada hardisk atau belum tertancap pada master (salah kedudukan), kabel colokan yang putus dalam sehingga kabel colokan tidak normal. Pastikan kedua masalah ini sudah benar terlebih dahulu, dan coba lagi kamu cek apakah masih belum terbaca oleh windows ?? jika kabel colokan dan jumper slave benar maka seharusnya sudah normal, hardisk sudah bisa terbaca oleh sistem operasi windows.

#Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Tidak Bisa Membaca Data

Permasalahan-permasalahan error hardisk memang beragam, jika hardisk kamu sudah terpasang sejak dulu lalu ada masalah tidak terbaca, pertanda hardisk kamu sedang mengalami masalah atau rusak. kerusakah hardisk yang belum terlalu parah bisa diperbaiki sendiri. Jangan khawatir saya akan beri cara memperbaikinya dan semoga membantu untuk masalah komputer atau laptop kamu.

Sebelum memperbaikinya sendiri, perhatikan dulu penyebabnya.
  1. Terdapat Bad Sector pada hardisk
  2. Hardisk Anda sedang terkena serangan virus
Untuk masalah yang pertama "Bad Sector pada hardisk", kamu harus memperbaikinya, gunakan sofware "low level formal Tool" yang bisa kamu download terlebih dahulu. Kelebihan aplikasi ini dapat memperbaiki hardisk yang sedang mengalami error ringan hingga error berat.

Setelah itu jalankan aplikasinya hingga selesai. Keadaan hardisk kamu sudah melalui proses penyembuhan pertama.

Selanjutnya gunakan anti virus yang sekiranya paling bagus dan update, jika belum update lakukan update agar virus-virus baru terdeteksi oleh anti virus itu. Jika masih bingun menggunakan anti virus, maka kamu bisa menggunakan anti virus Spy Hunter (ini favorit saya).

Jalankan anti virus dengan full scanning, tunggu sambil tiduran, karena butuh waktu yang lumayan lama, jangan kamu pantengi laptop kamu, karena prosesnya lama dan menjemukan. waktu yang baik saat melakukan full scanning anti virus adalah waktu malam karena bisa kamu tinggal tidur sampai pagi terlebih dahulu.

#Cara Memperbaiki Hardisk yang Lambat/Lemot untuk Menyimpan/Membaca Data

Betapa menjengkelkan bukan! jika laptop kamu lambat saat membaca data. Pertanda utama yang sering terjadi saat laptop lemot adalah masalah hardisk error atau sedang rusak. Ada beberapa penyebab yang harus saya beritahu kepada kamu, kenapa hardisk bekerja lambat/lemot.

Kebanyakan file yang tersimpan dalam hardisk hingga lebih dari 70%
Perawatan hardisk yang kurang, jarang melakukan didefrag hardisk.
Hardisk terjangkit penyakit virus jahat dan bandel.

Jika kamu sudah tahu penyebabnya maka langkah pertama adalah dengan mengurangi file-file besar seeprti film, game dan aplikasi yang besar uninstal saja. Lalu lakukan defrag hardisk kamu, ada bawaan tool windows defrag, nama toolnya "disk defragmenter" di mana mencarinya dimari:
Start >> all program >> accessories >>  system tools >> disk defragmenter

Itu kenampakan tool-nya, klik saja "defragment disk" pada drive C, D, E dst. Tunggu hingga prosesnya selesai. Proses defrag juga lumayan lama.

Agar lebih mudah pindahkan dulu tool disk defragmenter ke desktop, agar sewaktu-waktu kamu menggunakannya lebih cepat dan mudah.

Terakhir full scanning hardisk dengan menggunakan anti virus kesayangan kamu.

#Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak Ada Reaksi Sama Sekali

Hardisk yang benar-benar rusak ditandai dengan tidak ada reaksi sama sekali. Setelah dilakukan banyak tips diatas namun ternyata hardisk tetap saja tidak ada reaksi sama sekali pertanda motor hardisk rusak, jika kamu telaten dan mampu menggantinya, silahkan motor hardisk diganti sendiri dengan hati-hati dan pastikan daya power supply dalam hardisk tersambung dengan benar.

Kamu bisa mencari tutorial video memperbaiki motor hardis di youtube.

Itulah beberapa cara memperbaiki hardisk dari berbagai penyebab yang berbeda-beda sesuai masalahnya. Jika tips diatas belum membantu kamu mohon maaf karena masalah hardisk kamu mungkin lain atau memang hardisk kamu sudah rusak sangat parah sehingga harus memutuskan untuk menggantinya yang baru. Jika kamu ingin harga murah, cari barang seken saja dan perhatikan dengan benar dan teliti dan dari toko terpercaya dan jujur. Semoga bermanfaat..

PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata. DMCA

No comments:

Post a Comment