Petunjuk Memperbaiki Windows Explorer Not Responding #Rusak atau Hilang | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Monday, July 31, 2017

Petunjuk Memperbaiki Windows Explorer Not Responding #Rusak atau Hilang

Banyak permasalahan pada windows, salah satunya yang paling sering terjadi masalah Windows Explorer yang tidak respon, blank DLL yang pada intinya mengalami kerusakan.

#Penyebab Windows Explorer Error Pada Windows 7


Banyak faktor yang menjadi penyebab Windows Explorer rusak seperti ditandai "windows explorer is restarting", "windows explorer tidak bisa dibuka", "windows explorer has stopped working" dan lain sebagainya, semua permasalahan ini banyak faktornya seperti virus dan malware yang dibawa dari file ukuran besar seperti game dan film. Apalagi jika kamu ingin menginstal sofware app yang kamu download dari website tidak terpercaya, sehingga kemungkinan sofware itu disusupi virus yang bandel, ini akan dapat berakibat sistem windows explorer kamu menjadi tidak berfungsi atu tidak dapat dibuka.

Tips mencegah kerusakan pada windows 7 bisa kamu atasi dengan cara memaksimalkan kinerja sistem windows dengan cara:
  1. Saat Instal Windows 7, pasang pertama kali anti virus lalu sofware App
  2. Pasang anti virus yang bagus seperti Spy Hunter, jalankan/scan seminggu sekali
  3. Pasang Ccleaner, jalankan setiap kamu akan mematikan komputer
  4. Hindari menyimpan file ukuran besar (film dan appikasi)

Tips diatas akan membantu komputer kamu lebih tahan lama, bahkan akan tahan seumur hidup, ini adalah hal yang diidam-idamkan para pemilik komputer yang selallu bebas dari kerusakan.

#Cara Mengatasi Explorer.exe Error Windows 7

Windows Explorer tidak berfungsi seperti ditandai dengan "System Resources Not Available" adalah disebabkan kamu sering menjalankan banyak aplikasi yang berat dalam waktu bersamaan, masalah ini wajar pada setiap komputer, karena ada batas maksimalnya masing-masing setiap komputer, kekuatan itu tergantung versi cpu dan prosesornya.

Jika masalah ini tidak segera diatasi maka explorer.exe akan hilang dan komputer akan mengalami kerusakan luar biasa.

Untuk itu harus kamu segera perbaiki dengan tips dibawah ini, semoga tips ini dapat membantu masalah komputer kamu.

#1 Tekan tombol CTRL + ALT + DEL

Cara pertama adalah untuk membuka jendela "new task (run...)". Setelah kamu tekan tombol keyboard CTRL + ALT + DEL maka akan keluar beberapa pilihan seperti lock this computer, switch user, ..hingga start task manager. Pilih dan klik "start task manager" maka akan keluar jendela "create new task", ketikkan "explorer.exe" pada kotak yang tersedia lalu klik OK. Lihat gambar berikut ini.


Jika tidak berfungsi maka tidak akan menuju ke windows explorer, biasanya langsung menuju ke sini, lihat gambar.

cara-mengembalikan-explorer.exe-yang-hilang


Jika explorer.exe hilang maka lakukanlah restart komputer dan kemudian instal repaire, tunggu hingga prosesnya selesai.

Cara melakukan instal repaire cukup mudah, pergi ke jendela "create new task" lalu ketikkan "rstrui.exe" dan klik OK, maka akan langsung ke kotak perintah instal repaire, perhatikan gambar berikut.

cara-mengatasi-explorer.exe-error-windows-7
Jendela create new task
Setelah kamu klik OK, tampilannya sebagai berikut.

windows-explorer-tidak-bisa-dibuka-pada-windows-7

Atau cara lain bisa mengikuti folder C:Windows >> system32 >> restore >> rstrui.exe dan klik "rstrui.exe" maka akan muncul jendela perintah seperti gambar diatas.

Lalu klik next dan ikuti petunjuknya hingga proses instal repaire berlangsung, tunggu hingga selesai dan nanti akan restart sendiri.

Jika cara diatas dengan menjalankan "rstrui.exe" gagal berarti pertanda komputer kamu terjangkit virus. Jika seperti ini scan kompter kamu dengan anti virus paling bagus menurut kamu seperti Spy Hunter yang update dan paling terbaru.

Kelebihan spy huter biasa memperbaiki registry secara otomatis, jika registry terkena virus dan didisable oleh virus itu maka lakukan scan dengan anti virus spy hunter dan nanti akan terdeteksi virusnya, lalu terakhir klik repaire untuk mengembalikan registry yang rusak atau hilang.

#2 Repair windows dengan menggunakan CD windows

Ini adalah jalan terbaik memperbaiki windows yang sedang bermasalah, aapun masalahnya termasuk windows explorer yang rusak.

Jika tidak ada SD bawaan Windows komputer kamu, maka jalan yang terakhir adalah dengan menginstal ulang windows 7, cara mendapatkan windows 7 yang terbaik bisa mencarinya diinternet di website terpercaya, lihat komentar dan feedback-nya, jika bagus maka kamu bisa mendownloadnya.

#Cara Lain Memperbaiki Registry yang Bermasalah

Ada cara lain memperbaiki registry yang hilang selain menggunakan anti virus spy hunter yakni dengan menggunakan bantuan program aplikasi.

#1 Wise Registry Cleaner

Sofware ini berfungsi untuk memperbaiki sebuah sistem registry windows yang rusak atau sebagian hilang karena virus. Fitur sofware ini mempunyai kelebihan seperti:
  • Full Registry Backup/Restore
  • Create System Restore Point
  • Create undo data for each clean-up operation
  • Check COM/ActiveX keys
  • Check Application Path Keys
  • Check Windows Fonts Keys
  • Check Shared DLL Keys
  • Check User MRU Lists
  • Check Uninstall Entries
  • Check File Extensions Keys
  • Check IE URL History List Keys
  • Check Windows Startup Items
  • Check Image File Execution Options

Intinya cari sofware yang mempunyai fungsi "Full Registry Backup/Restore" karena pada kesempatan ini membahas masalah registry yang rusak atau hilang gara-gara virus.

Ada banyak sofware untuk memperbaiki sistem registry yang rusak selain Wise Registry Cleaner.

#2 Eusing Free Registry Cleaner

Sofware ini pada prinsipnya kurang lebih seperti pada sofware nomor #1 diatas yang bisa memperbaiki sistem registry otomatis dengan hanya menjalankan sofware ini.

#3 Glary Utilities

Ini juga hampir sama fungsinya seperti sofware diatas, kamu tinggal memilih salah satunya, semua jenis sofware ini dapat membantu memperbaiki registry yang hilang atau rusak dengan sekali klik menjalankan sofware ini.

itulah sedikit tips untuk memperbaiki Windows Explorer Not Responding, rusak bahkan hilang. Jika kamu minim pengetahuan tentang editing sistem regsitry maka sebaiknya menggunakan bantuan sofware seperti diatas. Atau jika masih ragu-ragu bisa menanyakan ke teman kamu agar tidak salah langkah. Karena jika salah langkah dari petunjuk diatas akan menjadikan sistem windows kamu error total, akhirnya harus intal ulang windows baru. Pelakukan intal ulang ini lebih baik daripada kamu biarkan dan menunggu lama yang akhirnya bisa merambah ke hardware.

Semoga bermanfaat!

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

0 comments:

Post a Comment