4 Cara Memperbaiki Layar Windows Blank #Windows Explorer Tidak Bisa Dibuka | TEHNOMAC

Official blog Tehnomac

Sunday, July 30, 2017

4 Cara Memperbaiki Layar Windows Blank #Windows Explorer Tidak Bisa Dibuka

Saat booting layar hitam/blank dan hanya kursor yang nampak sehingga Windows explorer hilang tidak dapat melihat versi desktop, ini bisa jadi karena terjadi error wondows, sehingga tidak dapat menampilkan apa yang seharusnya muncul, seperti saat kamu sedang membuka explorer akan ada pilihan menu file namun karena error pada sistem windows sehingga jadi blank atau ditandai layar hitam.


Kejadian ini sering dialami dan mungkin termasuk windows kamu. Masalahnya bisa jadi saat kamu menginstal windows tidak benar atau memang dari jenis produk windows yang kamu dapat tidak sempurna sehingga setelah terinstal akan banyak muncul masalah. Untuk itu, kamu harus bisa mencari jenis windows yang bagus dari website terpercaya, jangan asal download, karena bisa jadi sistem windowsnya tidak sempurna.

#Penyebab terjadinya Windows error "Black Screen" Saat Booting Sebelum Layar Desktop

Ada banyak faktor yang menyebabkan saat membuka Explorer tidak muncul, saya tidak bisa memastikan penyebabnya, karena berbagai macam penyebab dan berbeda-beda, seperti karena sofware yang terinstal tidak kompatibel dengan sistem windows dari downlod-an, atau karena salah pilih driver display jenis laptop atau PC kamu.

Berikut ini saya list beberapa penemuan penyebab terjadinya black screen pada layar laptop atau PC.
  1. Sofware yang terinstal tidak kompatibel dengan model laptop atau Pc
  2. Salah pasang driver display
  3. Karena Virus yang membandel
  4. Vga bermasalah
  5. Ram yang rusak
  6. Monitor yang bermasalah

Nah semua penyebab diatas harus kamu cek satu persatu, karena tidak bisa pasti dari satu faktor. Apalagi laptop atau Pc kamu adalah rakitan sendiri dari barang-barang bekas, sehingga perlakuan untuk mengecek harus kamu lakukan terlebh dahulu, jangan terburu-buru untuk instal ulang, karena itu adalah perlakukan yang terakhir setelah semuanya sudah diketahui penyebabnya jika problem itu ada pada sofware yang tidak tepat terinstal.

Nah kali ini saya akan membantu masalah kamu saat ini yang sedang mengalami file explorer tidak muncul atau explorer tidak muncul saat startup karena hanya layar hitam yang muncul setelah startup.

Karena jika tidak segera diatasi, penyakit windows kamu akan merambah kemana-mana. Konon, akan berakibat hardware jadi rusak parah.

Begini tips dari saya untuk memperbaiki windows black screen. kamu patut mencobanya barang kali saja tips ini berhasil. Perlu saya ingatkan kembali, masalah black screen bermacam-macam faktor, jika tips ini belum mampu mengatasi, cari petunjuk artikel lain sesuai dengan masalah kamu.

Perhatikan petunjuk memperbaiki black screen layar laptop maupun Monitor Pc berikut ini.

#1 Pertama saat layar hitam, kamu tekan dan tahan secara bersamaan CTRL + ALT + Esc (task manager) atau CTRL + ALT + Del

Akan muncul beberapa pilihan seperti: lock this computer, switch user, log off, change a password..., dan start task manager. Pilih dan klik "start Task manager", maka akan tampil kotak "windows task manager".

#2 Klik "New Task, (Run..)" lalu ketikkan "regedit" kedalam kolomnya dan Ok

Pada kotak "Windows Task Manager" pilih menu "File" dan akan muncul pilihan "New Task (Run...)" dan "Exit Task Manager", pilih dan klik "new task (run...), maka akan menuju ke kotak jendela "Crete New Task".

windows-blank-hitam-Saat-booting-layar-hitam
I

Setelah klik "new task (run...)" akan muncul kotak "Crete New Task" dan ketikkan "regedit", lihat gambar dibawah ini.
black-screen-cara-mengembalikan-explorer.exe-yang-hilang
II

#3 Setelah itu muncul popup, klik saja Yes, akan kotak halaman regedit atau "registry editor". Klik tanda + pada "Computer >> Hkey_Current_User >> Software >> Microsoft >> Windows >> CurrentVersion, lalu cari "Explorer" dan klik kiri sekali maka akan muncul banyak pilihan dan carilah "ExplorerStartupTraceRecorded" lalu klik kanan dan delete, perhatikan petunjuk gambar berikut ini.

black-screen-windows-explorer-tidak-muncul-saat-startup-windows-7

#4 Kemudian matikan laptop atau Pc kamu dan hidupkan kembali, atau bisa menekan tombol CTRL + ALT + Del dan pilih menu shut down, lalu hidupkan kembali dengan menekan tombol power.

Bagaimana hasilnya? apakah berhasil, jika berhasil maka kasus pada laptop atau monitor Pc kamu persis sama dengan kasus yang sedang saya tulis kali ini. Namun, jika belum berhasil kamu bisa melakukan "system restore", "last known good configuration", ataupun "startup repair". Selamat mencoba! semoga berhasil..

Share on Facebook
Share on Twitter
Tags :

Related Post:

3 comments: